Senin, 15 Juni 2015

Teks Deskripsi Beruang Madu



Beruang Madu


Pernyataan Benda yang Dideskripsikan.

Beruang madu merupakan salah satu fauna yang habitat aslinya di hutan Kaimantan dan Sumatera yang keberadaannya dilindungi oleh negara karena masuk dalam kategori hewan langka. Beruang madu dengan nama latin Helarctos malayanus masuk family ursidae bentuknya mungil bahkan beruang madu merupakan beruang terkecil di dunia.


Bagian-Bagian yang Dideskripsikan.

Beruang madu dari Kalimantan dan Sumatera secara fisik keduanya mirip. Sekuruh tubuhnya hampir diselimuti bulu berwarna hitam, bulu bagian dada dan perut berwarna cokelat tua. Kedua kuping beruang madu sangat kecil namun sangat sensitif dan bisa menangkap suara dari jarak jauh. Beruang madu mempunyai penciuman yang sangat tajam, dalam mencari makanannya beruang menggunakan penciumannya.

Ukuran tubuhnya relatif kecil, berat badannya hanya 50 kg dan tinggi badannya maksimal 80 cm. Kepalanya kecil, moncongnya berbentuk kerucut mulutnya dipenuhi gigi dan taring yang tajam, lidah beruang madu berukuran agak panjang yang fungsinya untuk menjilat madu di sela-sela pohon.

Beruang berjalan secara merangkak dengan empat kaki yang kokoh, pada kaki beruang ditumbuhi cakar yang lumayanpancang, bentuknya melengkung ke dalam. Ukuran cakarnya bisa mencapai 8 cm, cakarnya runcing difungsikan untuk mencabik sarang lebah, dan untuk memanjat pohon. Beruang madu dapat berlari kencang, kecepatan larinya mencapai 40 km/jam. Tenaganya yang kuat mampu memangsa hewan yang ukurannya sama dengan beruang madu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar